PABRIK COBEK DAN MUNTHU

DSC_9684Ada batu yang sangat di sukai ibu-ibu. Batu ini sering digunakan baik pagi atau sore. Jika tidak ada batu ini, ibu bisa galau dan enggan untuk memasak buat keluarga.

Yaa, ini adalah batu cobek dan munthu. Cobek dan munthu sepasang alat dari batu yang tidak bisa di pisahkan bak romeo dan juliet. Dimana disitu ada munthu disitu juga harus ada cobek. Biasanya alat ini ditemui didapur, fungsinya untuk mengulek atau menumbuk bumbu. Cobek itu yang kayak piring kalau munthu itu yang dipegang ibu untuk mengulek bumbu yang ada di cobeknya.

DSC_9697Nah tau gak sih ternyata pabrik pasangan cobek dan munthu itu juga ada di magelang lho. Sepanjang jalan di daerah bambu runcing Muntilan sahabat bisa menemui benda aneh ini. Tapi ternyata pabriknya itu berada di daerah Sawangan. Tepatnya di dusun Penggaron Kidul, Desa Gondowangi Sawangan, Magelang. Sahabat bisa melihat proses pembuatan cobek dan munthu secara gratis. Dan ini sebenarnya menjadi potensi wisata tersendiri (menurutku sih). Soalnya cara pembuatanya cukup unik dan sangat menarik, tapi kalau sahabat mau membawa pulang cobek atau munthu yaa harus meninggalkan uang ke pengrajinnya. Umumnya harga jual di pabrik lebih agak murah dibandingkan dengan yang ada di pinggir jalan. Sebagai catatat, jangan pernah menawar ya. Kasihan pengrajinnya juga butuh makan, nyekolahin anak cucunya, karena harga yang diberikan sudah cukup murah. Hal yang menjadikan faktor pembeda harga adalah diameter dari cobek itu sendiri.Kalau sahabat pengen main kesana, bisa langsung menemui kepala suku atau kepala dusun, namanya Pak Bowo. Orangnya sangat baik dan ramah.

wisata itu tidak harus di pantai atau gunung, bisa di tempat industri KERAKYATAN

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *