PUNTHUK MONGKRONG BOROBUDUR

Borobudur Magelang, menunjukkan pesonanya dengan panoramanya yang sangat begitu istimewa. Adalah Punthuk Mongkrong yang menyajikan keindahan dari atas pegunungan di daerah Borobudur. Punthuk Mongkrong berada tidak jauh dari kawacan Candi Borobudur.

Melihat wilayah geografis Kabupaten Magelang yang dikelilingi oleh beberapa gunung, maka tak heran bila di Kabupaten Magelang terdapat berbagai tempat wisata yang sangat menakjubkan.

Arti kata punthuk itu sendiri adalah tanah yang ‘mawur’, tidak padat dan tidak pula mudah terurai seperti halnya pasir. Dimana di sekelilingnya gundul, alias tidak ditumbuhi oleh rumput atau pohon. Wisata Alam Punthuk Mongkrong merupakan tempat wisata alam yang menyajikan pemandangan sunrise dan sunset yang menakjubkan. Di sana telah disediakan rumah pohon dan beberapa tempat duduk yang terbuat dari bambu sebagai tempat menantikan sunrise atau pun sunset. Di sekeliling Punthuk pun gersang, hanya ditumbuhi pepohonan seadanya. Punthuk Mongkrong berada di Desa Giritengah, Borobudur. Desa Giritengah terletak di ujung barat daya Kecamatan Borobudur, dengan jarak sekitar 5 kilometer dari Candi Borobudur (pusat keramaian). Untuk mencapainya bisa dengan mudah menggunakan sarana transportasi umum berupa mobil angkutan pedesaan atau ojek sepeda motor dari terminal maupun dari pasar Borobudur.

Berada di ketinggian sekitar 624 mdpl membuat Punthuk Mongkrong menjadi tempat yang tepat untuk menikmati pemandangan sekitar Kabupaten Magelang. Gunung Merapi, Merbabu, serta rangkaian Pegunungan Menoreh akan terlihat sangat jelas. Dari Punthuk Mongkrong juga akan terlihat Candi Borobudur dan Gereja Ayam yang merupakan jantung wisata di Borobudur. Lalu, dari puncak Punthuk Mongkrong akan terlihat dengan jelas Punthuk Sukmojoyo yang juga merupakan wisata alam pemandangan sunrise dan sunset.

Akses menuju ke Puntuk Mongkrong bisa dibilang sudah memadahi, dengan jalanan yang sudah beraspal bagus. Di sekitar Punthuk yang memang medannya cukup menantang difasilitasi dengan jalanan bercor yang tidak terlalu luas sehingga hanya memungkinkan kendaraan roda dua saja yang bisa masuk. Kendaraan roda empat harus diparkir di tempat yang agak jauh dari pos pendakian punthuk.

Menuju ke Punthuk Mongkrong dapat ditempuh dengan mengambil jalur sebelah selatan dari Candi Borobudur yaitu dengan menyusuri Jalan Badrawati, lurus terus sampai menemukan perempatan Seganan (Desa Tuksongo) lalu belok ke kanan. Kemudian lurus sampai menemui Balai Desa Karanganyar, lalu ada perempatan kemudian belok kiri lurus sampai menemui Balai Desa Giritengah, belok kanan. Kemudian lurus naik menyusuri jalan beraspal yang mulai menanjak dan menyempit hingga sampai ke gang kecil dengan jalan bercor. Sampai di ujung ada pertigaan sehabis tanjakan kemudian belok kanan menyusuri gang kecil melewati rumah-rumah warga, lalu sampai di tempat parkir. Kemudian perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki sampai ke puncak punthuk.

Untuk biaya masuk sangat murah, parkir sepeda motor hanya Rp 2000,- dan untuk tiket masuk punthuk mongkrong hanyalah Rp 3000,-

Leave a Reply