CANDI SELOGRIYO, PENINGGALAN ABAD KE 8

WisataMagelang – Candi Selogriyo, merupakan warisan leluhur yang pendiriannya sejaman dengan didirikannya Candi gedung Songo pada abad ke 8. Asal muasal nama Selogriyo sendiri berasal dari kirotoboso atau dari kata Selo yang artinya batu dan Griyo  artinya rumah. Jadi bisa di artikan rumah yang terbuat dari batu.

Untuk sejarah singkatnya, menurut penelitian yang dilakukan Van Erp reruntuyhan Candi Selogriyo ditemukan oleh Residen Hartman pada tahun 1955 – 1957. Jika dilihat dari segi mitologi Candi ini merupakan gambaran dari gunung Mahameru tempat bersemayam para Dewa. Untuk menjaga gunung tersebut ada dewa yang melindungi di beberapa sisi, Durga Mahesaruradhini,  Ganesa,  Agatsa, Nadiswara dan Mahakala merupakan penjelmaan raksasa yang diciptakan oleh Brahma, Wisnu dan Siwa untuk membuhun Dharmaraja yang mau menghancurkan dunia.

Sumber: http://www.topindonesiaholidays.com
Sumber: http://www.topindonesiaholidays.com

Yaak lur, itu tadi intronya tentang sejarahnya ya. Nah ternyata selain penuh sejarah Candi Selogriyo ini juga keren lho, selain itu pemandangan juga cantik banget. Biasanya lokasi ini menjadi salah satu tempat rekomendasi untuk preweding. Dengan latar belakang candi penuh hijau pohon-pohon dan sawah.

BIAYA MASUK

Untuk HTM per orang dikenakan tarif Rp 5.000,- dan untuk parkir motor Rp 2.000,- sedangkan parkir mobil Rp 10.000,-

LOKASI

Untuk lokasinya berada di Capurejo, kembangkuning, Windusari, Magelang